0271-7461415 085868132755 085868132755

Tips Bersepeda Posisi Tubuh Yang Baik Dan Benar

Tuesday, August 20th 2019.

Tips Bersepeda Posisi Tubuh Yang Baik Dan Benar
Tips Bersepeda Posisi Tubuh Yang Baik Dan Benar
– Bagi anda yang suka bersepeda , tentu akan merasa wajar jika pada beberapa bagian tubuh seperti kaki, pinggang , punggung atau yang lainnya akan merasa lelah dan capek ketika atau setelah melakukan aktivitas bersepeda. Terlebih jika kita baru saja menempuh track atau perjalanan yang dinilai sangat panjang.

Namun, jika rasa capek dan pegal tersebut masih ada ketika melaju di track pendek atau bersepeda dengan jarak yang terbilang dekat, kemungkinan ada beberapa kesalahan yang harus anda perhatikadalam bersepeda. Sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum bersepeda, perhatikan juga kondisi stamina tubuh anda dan setting posisi duduk anda dalamm bersepeda yang tepat dengan postur tubuh dan anatomi tubuh anda. Selain itu, sebelum membeli sepeda, perhatikan juga rangka sepeda  dan ketinggian sedelnya karena bisa mempengaruhi posisi anda saat bersepeda.

Perhatikan juga posisi tubuh anda saat bersepeda seperti pada bagian kepala, tagan, bahu, punggung dan kaki seperti yang akan di ulas berikut ini.

Tips Bersepeda Posisi Tubuh Yang Baik Dan Benar

1. Kepala

Posisikan kepala anda mengikuti alur tulang belakang yang terbentuk  oleh lengkungan tubuh. Arahkan pandangan untuk selalu ke lintasan di depan anda. Dan usahakan juga tulang leher selalu dalam kondisi rileks.

2. Tangan

Tekuk sedikit lengan anda ketika mengayuh pada kecepatan sedang atau rat-rata. Tumpuan lengan anda sebaiknya terletak di tangkai pengait rem supaya beban pada bahu dan punggung bisa berkurang. Posisi tlpak tangan menggenggam handel bar atau rem sekaligus. Usahakan rileks namun tetap dalam kondisi siaga dan mantap.

3. Bahu

Posisikan bahu mengikuti alur yang dibentuk tangan dan punggung. Untuk mengurangi tekanan pada punggung maka usahakan bahu anda dalam kondisi rileks.

4. Punggung

Posisi punggung menyesuaikan dengan kecepatan dan track yang anda lalui. Posisikan punggung membungkuk untuk memacu sepeda dalam kecepatan tinggi atau ketika menanjak. Sedangkann untuk track menurun, sebaiknya posisi punggung tegak.

5. Kaki

Sesuaikan posisi kaki dengan kayuh atau peda sepeda. Jika satu pedal berada di bawah, maka kaki sedikit ditekuk. Dan ketika anda merasa sedikit tegang pada bagian otot pinggul ketika mengayuh sepeda, periksa apakah setingg sadel anda terlalu tinggi. Dan sebaliknya jika setingg sadel terlalu rendah, bisa berakibat nyeri pada bagian tumit. Gunakan pangkal jari-jari pada bagian telapak kaki ketika mengayuh pedal supaya bisa selalu dalam kondisi stabil dan juga tenaga yang dilekuarkan akan lebih efisien dan juga dapat mencegan varises.

Demikian tadi tips bersepeda terkait posisi tubuh agar selalu merasa nyaman dan tidak mudah lekas capek. Smoga artikel ini bermanfaat.

bikin-baju-sepeda-printing-online-terbaik-2

 

 

Address

JL.Pabelan Baru, Ruko Zada Tower Land no 2A, Pabelan, Kartasura, Surakarta, Jawa Tengah - Indonesia

Telp : 0271-7461415

WA : 085868132755 ( CS 3 )

Rekening Bank

HENDY PRADANA 7850575643
HENDY PRADANA 1380013420448