0271-7461415 085868132755 085868132755

Tips Bersepeda Agar Tidak Mudah Merasa Dehidrasi

Rabu, Juni 19th 2019.

Tips Bersepeda Agar Tidak Mudah Merasa Dehidrasi
Tips Bersepeda Agar Tidak Mudah Merasa Dehidrasi
– Bagi kamu yang menggemari atau menyukai aktifitas bersepeda, sebaiknya jangan anggap remeh dan menyepelkan dehidrasi. Hal ini penting, karena dehidrasi dapat memicu detak jantung untuk bekerja lebih keras dan bisa saja akibatnya sangat fatal. Untuk mengatasi dehidrasi saat bersepeda salah satunya bisa dilakukan dengan membawa bekal air putih yang bisa di simpan dalam botol. Selain itu, masih terdapat beberapa tips lainnya, seperti yang akan di ulas berikut ini, yuk langsung disimak saja.

Tips Bersepeda Agar Tidak Mudah Merasa Dehidrasi

1. Meminum Air Putih Setelah Bersepeda

Meminum air putih setelah bersepeda bisa jadi merupakan cara tercepat untuk mengatasi dehidrasi saat bersepeda, meski sebenarnya cara ini tak sepenuhnya cukup. Yang perlu di perhatikan sebaiknya meneguk air secara perlahan, hal ini penting untuk menghindari gangguan sakit perut. Karena jika minum air putih secara terburu-buru terlebih dalam porsi yang banyka, tentu dapat meningkatkan pengeluaran urin dan justru bisa menghambat proses rehidrasi.

2. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Sodium Dan Potassium

Seperti diketahui, baik sodium maupun pottasium merupakan jenis elektrolit yang sangat penting untuk hidrasi tubuh. Jenis makanan yang mengandung kedua eketrolit tersebut biasanya terdapat pada buah-buahan dan juga sayuran yang banyak mengandung air. Usahakan saat bersepeda, sebisa mungkin untuk membawa potongan buah atau sayuran segar. Selain itu, makanan yang sedikit asin seperti sup sayuran bisa menjadi alternatif karena dapat mengganti cairan tubuh yang hilang saat meras dehidrasi.

3. Hindari Minuman Yang Mengandung Alkohol Dan Kafein

Sebaiknya saat dehidrasi, jangan pernah meminum minuman yang beralkohol atau mengandung kafein tinggi. Karena kedua minuman tersebut bisa membuat tubuh menjadi kesulitasn untuk mempertahankan cairan, yang akhirnya justru membuat badan akan lebih mudah merasa cepat lelah.

4. Minumlah Air Melebihi Cairan Tubuh Yang Hilang

Ketika berolahraga satu jamu dan kehilangan setengah liter cairan tubuh lewat keringat. Tubuh tak dapat terhidrasi dengan keadaan yang normal sampai meminum 1,5 lebih banyak dari cairan yang hilang. Karena cairan yang diminum, sebagian juga akan berkurang melalui urin. Dan apabila hanya minum setengah liter, sama dengan cairab yang dikeluarkan, maka cairan eketrolit yang dikeluarkan tubuh tak bisa cukup untuk merehidrasi.

5.  Ganti Cairan Tubuh Dengan Mimun Berenergi

Seandainya tidak ada makanan yang dapat dikonsumsi. Maka pilihan salah satunya dengan meminum sport drink. Dengan minum energy yang mengandung elektrolit, dapat membatu tubuh menahan air dan kemudian menyimpan keseimbangan cairan dengan cepat. Meski begitu, disarankan untuk tidak memimum minuman berenergi setiap hari dan dalam waktu jangka panjang karena efeknya tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Nah demikian tadi terkait tips bersepeda agar tidak mudah merasa dehidrasi. Smoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan salam kring..kring..gowes..gowes…

GARUDA PRINT – Jasa Bikin Baju Sepeda

  • JL.Pabelan Baru , Ruko Zada Tower Land no 2A , Pabelan , Kartasura , Surakarta (Area Belakang Kampus UMS – Samping Islamic Centre – Jalan Belakang Goro Assalam )
  • No Telp : 0271-7461415
  • SMS / WA : 0858.6813.2755 (CS3)

Lihat juga :

bikin-baju-sepeda-printing-online-terbaik-2